laborblog.my.id - Cobalah membuat ayam bakar  untuk menu makan siang keluarga. Sangat cocok disantap dengan sambal terasi  dan lalapan segar. Resep ayam bakarnya cukup sederhana. Namun ayam tersebut harus dimasak terlebih dahulu diungkep dengan berbagai bumbu dan air kelapa agar lebih beraroma dan nikmat.
Ilustrasi Ayam Bakar | Net
Cobalah membuat ayam bakar untuk menu makan siang keluarga. Sangat cocok disantap dengan sambal terasi dan lalapan segar. Resep ayam bakarnya cukup sederhana. Namun ayam tersebut harus dimasak terlebih dahulu diungkep dengan berbagai bumbu dan air kelapa agar lebih beraroma dan nikmat.

Lihat resep ayam bakar satu-satunya dari buku “Kreasi Ayam Bakar Lezat dan Sambal” karya Redaksi Sajisedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama di bawah ini. Bisa juga dipanggang dengan teflon.

Resep Ayam Bakar Solo

Bahan

1 ekor ayam, potong 8 bagian
2 batang serai, memarkan
3 lembar daun salam
4 cm lengkuas
3 sdm kecap manis
½ sdm garam
½ sdt gula pasir
400 ml air kelapa
1 sdm air asam jawa
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus

5 butir kemiri
12 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 cm kunyit
3 cm jahe
¼ sdt jintan
1 sdt ketumbar

Cara Membuat Ayam Bakar Solo

1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, daun salam, dan lengkuas hingga harum. Masukkan ayam. Masak sambil diaduk hingga berubah warna.
2. Tambahkan kecap manis, garam, dan gula pasir. Aduk kembali, tuangi air kelapa. Masak sampai matang dan bumbu meresap.
3. Menjelang diangkat, masukkan air asam jawa. Aduk rata. Matikan api, angkat ayam, dan tiriskan.
4. Bakar ayam di atas bara api atau teflon sampai harum. Sajikan dengan sambal dan lalapan.
Buku “Kreasi Ayam Bakar Lezat dan Sambal” karya Redaksi Sajisedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com
Pages:

Komentar

Note: Laborblog.my.id sangat menghargai pendapat anda. Bijaksana & etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab anda sesuai UU ITE.

Previous Post Next Post

CLOSE X