Laborblog.my.id - Ketika laptop mati, Power pada Port USB bisa tetap aktif dan bisa digunakan untuk pengisian baterai handphone/smartphone dll, Walaupun laptop dalam kondisi tidak menyala.
Ilustrasi
Ketika laptop mati, Power pada Port USB bisa tetap aktif dan bisa digunakan untuk pengisian baterai handphone/smartphone dll, Walaupun laptop dalam kondisi tidak menyala. Dengan kata lain bisa digunakan sebagai power bank.

Fasilitas USB power sharing tidak dimiliki oleh semua jenis laptop/notebook atau netbook. Namun, biasanya laptop yang mempunyai fasilitas ini, pada settingannya masih disable atau belum diaktifkan fungsinya.

Cara untuk tau atau tidak nya laptop support USB power dalam kondisi mati (shutdown) adalah dengan masuk kebios dan cari menu yang berkaitan dengan USB power.

Nyalakan atau restart laptop kemudian masuk ke BIOS, Sebelum loading Operating system, Tekan tombol Escape, F1, F2, atau yang lainnya tergantung merk laptop.

Pada halaman BIOS, Cari opsi berkaitan USB Power Sharing, Ada beberapa istilah berbeda terkait USB Power Sharing, tergantung merk dan BIOS laptopnya. ada USB Charging, USB Power Share, USB sleep and Charge dan lain-lain.

Apabila dilaptop terdapat support USB Power Sharing, Untuk mengaktifkannya pilih Enable (biasanya tekan F5/F6), Kemudian simpan. Berikut contoh tampilan BIOS dari beberapa laptop berbeda untuk mengatur USB Power Sharing.
'USB Power share' pada BIOS Alienware A04 | source image: Net

'USB Charging' pada laptop HP Envy x360 | source image: Net

'USB Sleep and Charge' pada Toshiba R Series | source image: Net

'USB Sleep and Charge' pada Netbook Toshiba NB520 | source image: Net
Pages:

Komentar

Note: Laborblog.my.id sangat menghargai pendapat anda. Bijaksana & etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab anda sesuai UU ITE.

Previous Post Next Post


CLOSE