Laborblog.my.id - Para blogger mania mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu platform Google yaitu Adsense adalah program iklan yang terbaik
Google Adsense
Para blogger mania mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu platform Google yaitu Adsense adalah program iklan yang terbaik walau ada banyak iklan alternatif selain adsense. hal ini berdasarkan pengalaman yang mimin rasakan.

Bagi yang anda baru terjun didunia blogger dan masih asing dengan Adsense, mimin ingin menyampaikan bahwa adsense merupakan program iklan yang sangat bagus untuk memonetisasi (mendapatkan pendapatan) dari blog/web bagi pemiliknya.

Pada artikel kali ini mimin mencoba berbagi tips yang dirangkum dari berbagai sumber dan telah mimin terapkan.

Syarat

Sebelum melakukan pendaftaran ke Adsense, sebaiknya pelajari dulu syarat dan kebijakan yang sudah di keluarkan adsense. Berdasarkan pengalaman mimin dan dari berbagai sumber, pemilik blog/web berusia diatas 18 tahun keatas.

Kemudian konten blog/website harus berkualitas. usahakan konten artikel tidak copy paste dan desain blog/web sebagus mungkin. Selanjutnya umur blog/web minimal 3 bulan terus update artikel yang dinilai berkualitas secara berkala. Untuk jumlah postingan, Google menyebut batasan minimum. Namun menurut beberapa sumber, jumlah minimal konten 20-40 postingan. Kemudian tampilkan 5 postingan halaman.

Untuk blog/web yang masih baru, usahakan update 1 artikel setiap hari menjelang blog/web berumur 3 bulan. Setelahnya, jika jumlah kunjungan sudah mencapai 500-1000 pageview perhari, blog/web sudah bisa didaftarkan.

Langkah-Langkah mendaftarkan akun Adsense

– Pastikan website Anda kompatible dengan AdSense
– Sign up/daftarkan sebuah akun ke AdSense
– Login ke akun AdSense
– Setelah login, buat iklan dan masukkan kode adsense di blog/web.

Cara Membuat/Mendaftar Akun Adsense

Kunjungi situsnya Adsense, masukkan alamat gmail yang ingin didaftarkan. Menurut beberapa sumber, penggunaan gmail dengan nama domain, contoh admin@namadomain.com bisa diterima dengan mudah dan cepat oleh adsense.

Pada saat mendaftar anda akan diminta memasukkan alamat blog/web dan pilihan bahasa yang digunakan. Kemudian masukkan data pribadi dan zona waktu negara (Ini penting untuk mendapatkan pin verifikasi Adsense anda). Setelah lengkap isi data yang diminta, klik daftar.

Pemberitahuan persetujuan Adsense akan dikirimkan ke email yang anda daftarkan. Proses waktu bisa 1-7 hari karena Google meninjau kelayakan blog/web anda.

Saran: Selama menunggu persetujuan Adsense, tetap update artikel/konten minimal 1 perhari secara berkala tentunya kualitas konten/artikel yang mengikuti syarat dan kebijakan yang berlaku.

Apabila telah mendapatkan persetujuan Adsense, login dan mulai buat iklan yang akan dipasang blog/web. Buatlah iklan dengan ukuran yang direkomendasikan adsense atau ukuran iklan sesuai yang diinginkan namun sesuai ukuran yang tersedia pada blog/web. Kemudian pasang ditempat yang anda inginkan namun tidak melanggar aturan.

Akun resmi diterima oleh Adsense

Pada biasanya iklan Adsense yang baru dipasang tidak akan muncul dan hanya terlihat tampilan berwarna putih. Kondisi ini bisa berlangsung beberapa hari. Namun jangan khawatir, iklan tetap akan tampil dengan ditandai status iklan berubah jadi "aktif" pada akun adsense dan menjadi pendapatan bagi anda. Jika iklan belum tampil, kemungkinan ada langkah2 yang belum anda lakukan.

Setelah mendapatkan $10 Google akan mengirim pin

Apabila pendapatan sudah mencapai $10, Anda akan mendapat surat cinta (pin) dari Google yang akan dikirimkan melalui kantor pos ke alamat rumah yang didaftarkan. Jika surat cinta tak kunjung datang, bisa mengajukan pin lagi. Google hanya memberi kesempatan 3 kali pengajuan ulang permintaan pin. Selalu cek pemberitahuan Adsense di email yang didaftarkan dan rajin2 cek ke kantor pos.

Pin ini penting untuk pencairan pendapatan Adsense anda. Tanpa pin, menurut mimin, sebesar apapun pendapatan adsense anda tidak akan bisa dicairkan. Minimal pencairan $100, jika dalam bentuk Rupiah, minimal 1,3 Juta ke rekening yang anda daftarkan untuk pencairan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. silahkan share artikel ini jika membantu anda.[Source]
Pages:

Komentar

Note: Laborblog.my.id sangat menghargai pendapat anda. Bijaksana & etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab anda sesuai UU ITE.

Previous Post Next Post

CLOSE X