laborblog.my.id - Manfaat mengkonsumsi ikan air tawar baik untuk kesehatan tubuh. Ikan ini mengandung sejumlah nutrisi berbeda selain ikan air asin.
Ilustrasi
Manfaat mengkonsumsi ikan air tawar baik untuk kesehatan tubuh. Ikan ini mengandung sejumlah nutrisi berbeda selain ikan air asin.

Ikan ini hidup di sungai, danau atau kolam yang kadar garam air lautnya kurang dari 0,05 persen. Mujair, lele, gurame, mas, nila, dan bawal adalah beberapa jenis ikan yang paling populer. Ikan umumnya memiliki ciri tulang yang lebih kecil dari ikan air asin.
Kandungan gizi ikan ini sangat tinggi. Ikan mengandung hampir 30% dari asupan protein harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Ikan ini juga rendah lemak dan mengandung asam lemak omega3, meski lebih rendah dari ikan air asin.

Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Ikan Air Tawar. Berikut mengutip Healthline, beberapa manfaatnya.

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Makan ikan air tawar baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Banyak penelitian menunjukkan bahwa jenis ikan ini dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke serebral. Rendah lemak, tinggi protein dan asam lemak omega 3 pada ikan, baik untuk kesehatan jantung.

2. Kesehatan Otak

Ikan ini juga menjaga kesehatan otak. Fungsi otak manusia menurun seiring bertambahnya usia. Makan ikan dapat menghambat penurunan fungsi otak, terutama emosi dan memori.

3. Mengatasi Depresi

Mengkonsumsi ikan jenis ini secara teratur juga dapat mengurangi stres dan depresi. Kandungan omega3 pada ikan dapat berperan sebagai antidepresan.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ikan merupakan salah satu makanan yang dapat memicu pembentukan vitamin D. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur serta fungsi tubuh yang berkaitan dengan vitamin D.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Autoimun
Nutrisi dalam ikan air tawar dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit autoimun seperti diabetes tipe 1, rheumatoid arthritis, dan sclerosis multipel.

Manfaat mengkonsumsi ikan air tawar diperoleh dengan mengkonsumsinya secara teratur: orang dewasa disarankan untuk makan dua porsi ikan per minggu.[source]
Pages:

Komentar

Note: Laborblog.my.id sangat menghargai pendapat anda. Bijaksana & etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab anda sesuai UU ITE.

Previous Post Next Post

CLOSE X