laborblog.my.id - Cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar seringkali diabaikan. Sebenarnya cara menulis surat lamaran kerja sangat penting diketahui oleh para pencari kerja. Surat lamaran kerja adalah salah satu dokumen yang harus dibuat setiap kali ingin melamar pekerjaan.
Ilustrasi
Cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar seringkali diabaikan. Sebenarnya cara menulis surat lamaran kerja sangat penting diketahui oleh para pencari kerja. Surat lamaran kerja adalah salah satu dokumen yang harus dibuat setiap kali ingin melamar pekerjaan.

Surat lamaran ini biasanya ditujukan kepada pimpinan instansi atau HRD yang bertanggungjawab atas program rekrutmen saat ini. Sebelumnya, lamaran biasanya ditulis secara tulis tangan atau manual. Kemudian bersama dengan beberapa berkas lain yang dibutuhkan, surat lamaran kerja dikirim langsung oleh Pos.
Namun sekarang, dengan teknologi yang semakin canggih, dimungkinkan untuk memasukkan lamaran pekerjaan dan mengirim file dokumen melalui email atau surat elektronik. Bagi yang baru saja lulus sekolah dan ingin melamar pekerjaan, mengetahui cara menulis surat lamaran yang baik dan benar itu penting.

Cara pembuatan surat lamaran yang benar adalah surat lamaran harus ditulis dengan struktur bagian yang benar dan jelas. Mulai dari bagian penulisan tempat dan tanggal surat, lampiran dan hal-hal, alamat tujuan, hingga keterangan yang harus ditulis di badan surat.

Setiap bagian dari surat lamaran harus berurutan dan ditulis dengan jelas. Selain itu, hindari terlalu banyak kata atau frasa yang tidak penting. Karena surat lamaran harus ditulis dengan bahasa yang jelas dan ringkas. Masih ada poin penting lainnya tentang cara menulis surat lamaran.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut laborblog.my.id merangkum cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, penting diketahui.

Bagian Awal Surat Lamaran Kerja

1. Tempat dan Tanggal Surat

Cara membuat surat lamaran kerja yang pertama, anda harus menuliskan tempat dan tanggal surat. Biasanya letak dan jawaban surat ditulis di pojok kanan atas atau kiri. Berikut adalah contoh penulisan tempat dan tanggal surat.
Pekanbaru, 29 Desember 2021

2. Lampiran dan Hal

Setelah menulis tempat dan tanggal surat, selanjutnya adalah lampiran dan hal. Di bagian ini, harus menunjukkan berapa banyak lampiran yang disertakan. Lampiran sering diabaikan dalam cara membuat surat lamaran. Berikut adalah contoh bagaimana menulis lampiran dan apa yang harus diperhatikan.
Lampiran: Empat lembar
Hal : Pemberitahuan

3. Alamat Surat

Langkah selanjutnya adalah menulis alamat surat. Di sini Anda harus menulis alamat yang dituju dengan benar dan jelas. Beberapa unsur yang harus diperhatikan dalam penulisan alamat yang dituju dalam surat lamaran, yaitu:

Surat lamaran kerja, termasuk surat dinas, tidak ditujukan kepada satu orang, jadi sebaiknya tidak menggunakan kata "Kepada" di awal penulisan alamat surat, tetapi ditulis dengan "Yth". dan diikuti oleh pimpinan atau bagian dari perusahaan yang dituju, seperti HRD.

☑ Alamat pada surat lamaran ditulis maksimal tiga baris.
☑ Hindari menuliskan Bapak/Ibu, karena jabatan tidak menggunakan jenis kelamin.
☑ Tulis teks "Jalan" dengan jelas dan tidak boleh disingkat.
☑ Hindari menambahkan titik di akhir alamat surat, karena alamat surat yang ditulis bukan berupa kalimat.

Berikut cara menulis surat lamaran kerja di contoh penulisan alamat surat yang harus Anda ketahui:

Yth. Pimpinan AHAD Group Media
Jalan Jaya Berkah No. 01, Riau

Bagian Pembukaan, Isi, Penutup Surat Lamaran Kerja

4. Salam Hormat dan Pembukaan

Cara menulis surat lamaran kerja selanjutnya adalah bagian salam hormat dan pembukaan. Dalam surat lamaran, Anda harus memberi hormat kepada pihak atau perusahaan yang dituju. Bagian ini biasanya ditulis dengan kalimat "Dengan Hormat" sebelum memasuki bagian pembuka. Berikut contoh penulisan dan pembukaan surat lamaran kerja yang harus anda ketahui:

Dengan hormat,
Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui situs laborblog.my.id, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan pada Bapak/Ibu pimpin untuk menempati bagian Account Executive di PT. AHAD Group Media.

5. Isi

Setelah bagian salam hormat dan pembuka, barulah bagian isi. Cara membuat surat lamaran kerja di bagian isi sangatlah penting. Cara membuat surat lamaran kerja pada bagian isi akan menuliskan identitas diri, maksud dan tujuan serta dokumen lain yang disertakan Pada bagian identitas diri, biasanya mencantumkan nama, tempat tanggal lahir, studi terakhir dan alamat rumah.

Di bagian maksud dan tujuan, Anda harus menulis maksud Anda dengan menulis surat lamaran yaitu melamar bagian tertentu dari perusahaan. Jelaskan juga mengapa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut. Pada bagian lampiran, tuliskan daftar berkas yang akan disertakan, seperti ijazah, fotokopi KTP, foto, transkrip nilai, dll.

6. Penutup

Setelah bagian isi, selanjutnya adalah kalimat penutup. Cara penulisan surat lamaran di bagian penutup tidak kalah pentingnya. Bagian penutup sering diabaikan oleh pencari kerja. Di bagian penutup, Anda bisa menuliskan harapan dari lamaran yang diajukan dan terima kasih di akhir penutupan. Berikut contoh cara menulis surat lamaran kerja yang bisa Anda perhatikan:

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya untuk diberi kesempatan mengikuti seleksi wawancara agar saya dapat menjelaskan potensi saya lebih rinci.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

7. Salam Penutup, Tanda Tangan, dan Nama Lengkap

Cara membuat surat lamaran kerja terakhir, setelah penutup ialah salam penutup, tanda tangan, dan nama lengkap. Ini biasanya ditulis di sudut kanan bawah surat setelah kalimat penutup. Berikut ini contohnya:

Hormat saya,
(Tanda tangan)
Abdul Hamid

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Setelah Anda mengetahui cara menulis surat lamaran berdasarkan strukturnya, berikut beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat menulis surat lamaran. Beberapa hal tersebut terlihat sepele, namun ternyata berdampak cukup besar dalam menulis surat lamaran kerja. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

☑ Gunakan bahasa yang benar dan sesuai dengan kaidah penulisan yang baik.
☑ Surat lamaran harus ditulis dalam format yang teratur dengan struktur penulisan yang benar.
☑ Jika surat lamaran Anda ditulis tangan, tulislah dengan jelas agar mudah dibaca.
☑Lengkapi semua dokumen yang diperlukan.
☑ Anda juga dapat melampirkan file pendukung lainnya, seperti surat pengalaman kerja, sertifikat, penghargaan, dll.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Setelah mempelajari cara menulis surat lamaran, akhirnya laborblog.my.id akan memberikan contoh cara menulis surat lamaran lengkap. Contoh ini dapat memandu Anda dalam menulis surat lamaran yang baik dan benar. Berikut adalah contoh surat lamaran yang dapat anda perhatikan:
Pekanbaru, 29 Desember 2021
Yth. Manajer Personalia
PT. AHAD Group Media
Jalan Jaya Berkah No. 29
Pekanbaru

Dengan hormat,
Berdasarkan artikel lowongan pekerjaan yang saya dapatkan melalui laborblog.my.id mengenai perekrutan karyawan baru PT. AHAD Group Media bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang membutuhkan karyawan bagian Content Creator.

Maka dengan ini saya mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu untuk menempati posisi tersebut. Sebelumnya saya telah berpengalaman dalam bidang Content Creator dengan bekerja di bidang tersebut selama kurang lebih 2 tahun. Berkaitan dengan hal tersebut maka saya cantumkan biodata diri saya sebagai berikut:

Nama :Abdul Hamid
Tempat, Tanggal Lahir : Pekanbaru, 1 Januari 2002
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Alamat : Jalan Pakis Tebu No. 21 Tangerang, Banten.
Pendidikan Terakhir : S1 Teknologi Informatika Universitas Diponegoro
Nomor Telepon (HP) : 089876543212

Untuk tambahan data yang diminta oleh perusahaan, maka saya lampirkan beberapa persyaratan yang dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu.

1. CV (Curiculum Vitae)
2. Fotokopi SKCK
3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
4. Pasfoto 4×6 sebanyak 3 lembar
5. Fotokopi ijazah terakhir
6. Fotokopi Sertifikat Youtube Golden Play Button
7. Fotokopi STRTTK
8. Fotokopi Surat Tanda Pencari Kerja

Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya buat, sangat besar harapan saya agar Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan saya sebagai bagian dari perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatian dan waktu Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Abdul Hamid
Pages:

Komentar

Note: Laborblog.my.id sangat menghargai pendapat anda. Bijaksana & etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab anda sesuai UU ITE.

Previous Post Next Post

CLOSE X