laborblog.my.id - Mencegah tindakan copy paste artikel dapat dilakukan dengan mudah dengan plugin atau script tertentu, lalu bagaimana cara mencegah copy paste kecuali tanda kutip atau kode  pada artikel tersebut?
Ilustrasi
Mencegah tindakan copy paste artikel dapat dilakukan dengan mudah dengan plugin atau script tertentu, lalu bagaimana cara mencegah copy paste kecuali tanda kutip atau kode pada artikel tersebut?

Tindakan mengcopy paste konten blog orang lain mungkin bukan hal yang aneh lagi Saat ini banyak blogger yang menginginkan kesuksesan instan tanpa kerja keras.
Untuk menghasilkan uang dengan blogging, kita membutuhkan lalu lintas. Traffic dapat dicapai dengan menyajikan konten viral atau berkualitas. Sayangnya, tidak semua blogger yang mengharapkan hasil langsung ingin bersusah payah membuat konten mereka sendiri.

"Kalau ada yang mudah kenapa khawatir, toh semua yang ada di internet itu gratis, sudah jadi resikonya". saya kira, ini adalah kalimat pembelaan dari banyak blogger yang melakukan kecurangan.

Bagaimana mencegah copy dan paste posting blog?

Ada cara mudah untuk mencegah orang lain menyalin postingan yang kita buat. laborblog.my.id sendiri sudah membuat cara untuk mencegah blogger mengcopy paste konten dengan menambahkan script tertentu. Cukup dengan menambahkan kode berikut di gadget HTML/JAVASCRIPT, pengunjung tidak akan bisa menggunakan shortcut CTRL+A untuk memilih konten artikel.
<script src='demo-to-prevent-copy-paste-on-blogger_files/googleapis.js'></script> <script type='text/javascript'> if (typeof document.onselectstart!="undefined" ) { document.onselectstart=new Function ("return false" ); } else { document.onmousedown=new Function ("return false" ); document.onmouseup=new Function ("return true" ); } </script>
Selain itu, anda juga dapat menambahkan kode berikut untuk mencegah pencuri mengambil gambar dalam artikel dan menonaktifkan klik kanan menggunakan mouse.
<script language=JavaScript> var message="©laborblog.my.id 2021"; //Ganti dengan pesan kamu sendiri function clickIE4() { if (event.button==2) { alert (message); return false; } } function clickNS4(e) { if (document.layers||document.getElementById&&!document.all) { if (e.which==2||e.which==3) { alert(message); return false; } } } if (document.layers) { document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN); document.onmousedown=clickNS4; } else if (document.all&&!document.getElementById) { document.onmousedown=clickIE4; } document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false") </script>
Walaupun judulnya khusus untuk pengguna Blogger, cara ini juga bisa digunakan oleh pengguna WordPress - cukup tambahkan widget CUSTOM HTML di sidebar atau footer Anda, lalu salin kode di atas dan simpan.

Bagi Anda yang lebih suka menggunakan plugin, Anda juga dapat mencegah copy paste artikel dengan plugin khusus seperti WP Content Copy Protection with Color Design, WP Content Copy Protection atau WP Content Copy Protection, dan No Right Click. secara otomatis sudah bisa melindungi konten blog Anda.

Cara Mencegah Copy Paste Artikel Kecuali Kode dan Blockquote

Satu masalah yang saya temui di kedua metode di atas adalah tidak ada kontrol atas apa yang diblokir - menggunakan skrip atau plugin akan membuat semua item blog tidak dapat disalin, sedangkan jika saya membagikan artikel dengan quote/blockquote atau kode? akan sangat merepotkan pembaca, jika ingin menyalin kode pada artikel tentang tutorial.

Di beberapa plugin terdapat fungsi untuk memfilter bagian artikel mana yang bisa dicopy oleh pembaca, namun sayangnya fungsi ini hanya tersedia pada versi premium, untungnya ada cara yang murah!

Untuk mencegah agar postingan tidak tercopy paste kecuali kode dan tanda kutip (blockquote), kita bisa menambahkan kode CSS berikut di template Blogger
.post-outer {
-webkit-touch-callout:none;
-webkit-user-select:none;
-khtml-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-moz-user-select:none;
}
.post blockquote,.post pre,.post code{
-webkit-touch-callout:text;
-webkit-user-select:text;
-khtml-user-select:text;
-ms-user-select:text;
-moz-user-select:text;
}

Sedangkan untuk pengguna WordPress kamu bisa menggunakan kode berikut:
.entry-content {
-webkit-touch-callout:none;
-webkit-user-select:none;
-khtml-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-moz-user-select:none;
}
.entry-content blockquote, .entry-content pre, .entry-content code {
-webkit-touch-callout:text;
-webkit-user-select:text;
-khtml-user-select:text;
-ms-user-select:text;
-moz-user-select:text;
}

CATATAN: Setiap tema/template memiliki class CSS yang berbeda. Dalam kode di atas menggunakan contoh yang paling umum. Jadi, jika kode ini tidak berfungsi, gunakan fungsi INSPECT browser Anda untuk menentukan class yang benar.
Pages:

Komentar

Note: Laborblog.my.id sangat menghargai pendapat anda. Bijaksana & etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab anda sesuai UU ITE.

Previous Post Next Post

CLOSE X