laborblog.my.id - Cimol merupakan salah satu olahan berbahan dasar aci atau tepung tapioka yang cukup terkenal sebagai jajanan kaki lima karena rasanya yang nikmat dan gurih. Tak heran jika banyak orang yang penasaran dengan resep cimol anti meledak.
Jajanan Cimol | Image Source: Net
Cimol merupakan salah satu olahan berbahan dasar aci atau tepung tapioka yang cukup terkenal sebagai jajanan kaki lima karena rasanya yang nikmat dan gurih. Tak heran jika banyak orang yang penasaran dengan resep cimol anti meledak.
Sebenarnya resep dan cara membuat cimol ini cukup sederhana, hanya saja saat adonan bulat ini digoreng dan mulai mengembang tidak jarang cimol meledak.

Selain itu, kelezatan cimol juga terdapat pada teksturnya yang kenyal, sayangnya untuk mendapatkan tekstur ini juga susah-susah gampang, karena alih-alih kenyal, cimol terkadang terasa keras. Eits, tapi jangan khawatir karena ternyata ada resep sederhana untuk membuat cimol anti meledak dan kenyal sekaligus. Berikut resep cimol anti meledak yang laborblog.my.id rangkum dari berbagai sumber.

Resep Cimol Anti Meledak

Bahan:

12 sdm tepung tapioka (contoh: merk Tani)
4 sdm tepung terigu (contoh: merk Segitiga Biru)
1 siung bawang putih
Lada bubuk
Penyedap rasa
Baking powder
Garam
Minyak goreng

Cara Membuat:

1. Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka. Lalu tambahkan garam, penyedap rasa, lada bubuk dan baking powder secukupnya
2. Panaskan air sampai mendidih, lalu tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan
3. Tuangkan air ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil diulen hingga kalis
4. Bulatkan adonan yang sudah kalis sesuai selera, lalu masukkan ke dalam wajan yang ada minyaknya.
5. Setelah adonan cimol selesai dibulat-bulatkan, nyalakan api kecil. Ini merupakan salah satu tips cimol tidak meledak saat digoreng.
6. Aduk terus cimol sampai terasa cukup keras dan tidak lengket di wajan.
7. Jika warna cimol sudah kecoklatan, angkat lalu tiriskan
8. Tambahkan taburan penyedap rasa seperti bubuk barbekyu, bubuk pedas manis atau bubuk dengan rasa lain sesuai selera.
9. Kocok bubuk dengan cimol untuk mendapatkan rasa yang merata.

Nah, salah satu tips agar cimol tahan ledakan dan kenyal adalah dengan menggorengnya dengan api kecil. Selama proses menguleni, pastikan juga tepung dan air tercampur rata.
Demikian resep mudah membuat cimol anti meledak yang empuk dan lembut seperti yang dijual oleh pedagang kaki lima. Semoga resep cimol anti meledak ini memudahkan anda yang ingin membuat cimol sendiri di rumah!
Pages:

Komentar

Note: Laborblog.my.id sangat menghargai pendapat anda. Bijaksana & etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab anda sesuai UU ITE.

Previous Post Next Post

CLOSE X