laborblog.my.id - Sate lilit khas bali ini berbahan dasar ayam, rasa gurih daging ayam berpadu dengan bumbu genep yang pedas dan gurih. Selain nasi campur khas Bali, Pulau Dewata memiliki sate yang unik dan enak. Sate lilit biasanya dibuat dengan daging ikan dengan dengan bumbu genep yang lengkap. Dililitkan dengan serai sehingga saat dipanggang di atas arang yang berapi-api, aromanya semakin sedap.
Sate Lilit Ayam Khas Bali | image source: Net
Sate lilit khas bali ini berbahan dasar ayam, rasa gurih daging ayam berpadu dengan bumbu genep yang pedas dan gurih. Selain nasi campur khas Bali, Pulau Dewata memiliki sate yang unik dan enak. Sate lilit biasanya dibuat dengan daging ikan dengan dengan bumbu genep yang lengkap. Dililitkan dengan serai sehingga saat dipanggang di atas arang yang berapi-api, aromanya semakin sedap.

Sate lilit selain dijadikan lauk nasi campur, juga disajikan pada acara-acara keagamaan dan hajatan keluarga.Biasanya para pria memasak sate lilit bersama-sama di sebuah banjar. Cara melilitkan adonan ikan pada batang serai ini sangat unik dan dilakukan dengan cepat oleh para pria Bali.

Dikonsumsi begitu saja, rasanya pedas, gurih dan enak karena bumbunya lengkap. Apalagi kalau dicocol sambal yang pedas, rasanya lebih enak. Untuk membuatnya di rumah tidak sulit, dirangkum dari berbagai sumber coba ikuti tips dan resep berikut ini. Lama penyajian 30 menit untuk 4 porsi.

Resep Sate Lilit Ayam Khas Bali yang Gurih dan Pedas

Bahan:

500 g daging ayam cincang
2 sdm minyak sayur
50 g bawang merah, cincang halus
20 g bawang putih, cincang halus
2 buah cabai merah, buang bijinya, cincang halus
10 g jahe, cincang halus
10 g lengkuas, cincang halus
5 g kencur, cincang halus
5 g kunyit, cincang halus
1/2 sdt merica bubuk
1 butir cengkih, haluskan
1/2 sdt pala bubuk
2 g g ketumbar halus
2 g biji wijen putih, haluskan
1/2 sdt merica
1 sdt garam
12 batang buah serai
1 lembar daun jeruk, iris halus
30 g g kelapa parut
12 batang serai

Cara Membuat:

1. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi.
2. Tambahkan rempah dan bumbu halus lainnya.Aduk hingga wangi dan layu. Angkat.
3. Haluskan bumbu tumis dengan blender hingga lembut.
4. Campurkan bumbu halus dengan daging ayam cincang. Aduk dengan tangan hingga benar-benar rata.
5. Tambahkan daun jeruk dan kelapa, aduk hingga rata.
6. Bagi adonan menjadi 12 bulatan.
7. Taruh bulatan adonan di ujung batang serai. Tarik ke arah bawah sambil putar adonan mengelilingi ujung atas batang serai hingga menjadi bulat panjang.
8. Panggang sate di atas bara api sambil balik-balik hingga matang.
9. Angkat, sajikan dengan sambal.

Tips:
1.Untuk membuat sate lilit ayam yang empuk dan juicy, gunakan daging paha ayam bagian atas. Bagian ini banyak mengandung lemak, sehingga rasanya lebih gurih.
2. Pilih batang serai yang ukurannya sama dan cukup besar agar tidak mudah gosong saat dibakar.
3. Jika tidak ada panggangan, Anda bisa menggunakan wajan yang diolesi minyak.Panaskan wajan antilengket dan panggang sate sampai semua sisinya kering dan matang.
Pages:

Komentar

Note: Laborblog.my.id sangat menghargai pendapat anda. Bijaksana & etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab anda sesuai UU ITE.

Previous Post Next Post

CLOSE X