laborblog.my.id - Masyarakat Riau patut berbangga, banyak kuliner tradisional warisan leluhur yang rasanya nikmat disantap. Karena rasanya yang lezat, tak heran jika makanan ini cukup memiliki popularitas.
Kuliner Klasik Legendaris Riau | Net
Masyarakat Riau patut berbangga, banyak kuliner tradisional warisan leluhur yang rasanya nikmat disantap. Karena rasanya yang lezat, tak heran jika makanan ini cukup memiliki popularitas.
Salah satu yang cukup punya nama adalah lemang dan tapai pulut, sepasang makanan ini sudah tak asing terdengar di Riau. Lemang dan tapai pulut semakin populer sat hari raya tiba baik saat Idul Fitri maupun Idul Adha. Masyarakat Riau tak pernah absen membuatnya.

Sama seperti kebanyakan lemang lain, makanan ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dalam tabung bambu. Sebelum memasukkan beras, bagian dalam bambu dilapisi daun pisang.

Beras ketan dalam bambu ini dimasak menggunakan santan sehingga rasanya gurih dan legit. Untuk mematangkannya, lemang dibakar di atas api hingga matang dan padat.

Saat sudah matang, lemang disajikan dalam bentuk potongan bulat kecil untuk ukuran personal. Lemang paling pas disantap bersama tapai pulut yakni olahan ketan yang difermentasi hingga menjadi tapai.

Masyarakat Riau membuat tapai pulut dari ketan putih maupun ketan hitam. Dominan rasa asam, manis dan kecut sangat pas jadi teman makan lemang. Rasa lemang akan semakin mantap jika disantap dalam keadaan hangat. Asap tipis yang mengepul dari lemang membuat selera makan meningkat berkali-lipat.

Meskipun rasanya lezat, menyantap lemang dan tapai pulut haruslah dibatasi, pasalnya tapai pulut mengandung alkohol alami yang cukup tinggi. Jika kalap, usai menyantapnya pasti berefek pada pusing dan mengantuk. Ibu hamil dan menyusui juga tidak disarankan menyantap tapai pulut. Kendati demikian, untuk lemangnya masih aman dikonsumsi siapapun.

Selain dengan tapai pulut, ternyata masyarakat juga menyantap lemang dengan berbagai lauk pendamping seperti rendang daging dan ayam, telur serta olahan masakan khas lainnya.
laborblog.my.id - Masyarakat Riau patut berbangga, banyak kuliner tradisional warisan leluhur yang rasanya nikmat disantap. Karena rasanya yang lezat, tak heran jika makanan ini cukup memiliki popularitas.
Ilustrasi Tapai Pulut | Net
Lemang memang bisa dikatakan sebagai makanan khas Riau tetapi masyarakat yang paling banyak membuat dan menyantapnya adalah di Kabupaten Indragiri Hilir. Saat menjelang perayaan besar, masyarakat bergotong-royong membuat lemang.

Ingin menyantap lemang saat berkunjung ke Riau? Datangi sentra-sentra pembuatan lemang atau datang saat perayaan hari besar. Dijamin perut akan terisi penuh dengan makanan nikmat ini tanpa harus merogoh kantung.
Pages:

Komentar

Note: Laborblog.my.id sangat menghargai pendapat anda. Bijaksana & etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab anda sesuai UU ITE.

Previous Post Next Post

CLOSE X