laborblog.my.id - Saat ini, platform media sosial juga mengembangkan berbagai fitur yang dapat membantu bisnis  memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan.
ilustrasi Facebook Marketplace | Net
- Saat ini, platform media sosial juga mengembangkan berbagai fitur yang dapat membantu bisnis memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan. Facebook adalah salah satu platform media sosial yang menawarkan banyak fitur untuk bisnis termasuk Facebook Marketplace.
Fitur gratis ini memungkinkan Anda menjual produk melalui Facebook, bahkan tanpa harus memiliki situs web toko online sendiri. Pada dasarnya, Facebook Marketplace adalah fitur yang bekerja seperti pasar pada umumnya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunggah foto produk dan Anda sudah bisa melakukan penjualan.

Selain itu, penjual dan pembeli juga dapat saling menghubungi secara instan melalui Facebook Messenger. Kemudahan berinteraksi dengan penjual dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Selain itu, karena perilaku pengguna juga merupakan faktor dalam algoritme Facebook, kemungkinan pelanggan target melihat unggahan Anda lebih tinggi sehingga Anda dapat mengoptimalkan tingkat konversi Anda.

Untuk berjualan di Facebook Marketplace, cukup klik icon Marketplace di menu Home, lalu pilih "Create New Listing". Dari sana, Anda dapat memilih jenis iklan, apakah itu produk, kendaraan, properti, atau lowongan pekerjaan. Kemudian Anda hanya perlu mengunggah foto termasuk deskripsi, kategori, harga, tag, dan informasi lainnya untuk mulai menjual.

Tips Berjualan dengan Facebook Marketplace
Berikut adalah beberapa langkah yang harus diikuti untuk mengoptimalkan penjualan Anda di Facebook Marketplace

1. Melakukan Riset
Sebelum Anda mulai berjualan di Facebook Marketplace, lakukan riset dengan memeriksa item mana yang paling banyak dicari dalam kategori produk yang serupa dengan milik Anda. Periksa juga halaman toko yang menjual barang-barang ini.

Cari tahu juga apakah produk serupa sudah dijual di Facebook Marketplace. Jadi, lihat perbedaannya dengan produk yang akan Anda jual, usahakan produk Anda menjadi keunggulan agar lebih diminati pembeli.

Cek juga harga dan deskripsi produk sejenis. Jika memungkinkan, tetapkan harga produk sedikit lebih rendah dari pesaing atau jelaskan mengapa produk yang Anda jual lebih berharga daripada pesaing.

Dengan menjelajahi Facebook Marketplace sebelum Anda mulai menggunakannya, Anda bisa mendapatkan gambaran tentang ekosistem bisnis, standar harga, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk menarik calon pembeli. Anda juga dapat menambah nilai dan menemukan keunggulan produk pesaing yang menjual produk serupa. .

2. Gunakan Facebook Ads
Mengutip Lyfe Marketing, semua pengguna Internet berusia 80% menggunakan Facebook, diantaranya 65% orang dewasa di atas 65 tahun menggunakan Facebook.

Media sosial ini memiliki miliaran pengguna dan sebagian besar dari mereka akan memeriksa halaman Facebook mereka beberapa kali sehari. Oleh karena itu, manfaatkan iklan Facebook untuk memperluas jangkauan bisnis Anda. Tentukan siapa target pelanggan Anda dan mulailah beriklan.

Misalnya, menargetkan iklan untuk produk yang Anda jual kepada orang-orang berdasarkan usia, minat, perilaku, dan lokasi. Selain menjangkau pelanggan baru, iklan Facebook dapat membantu Anda mempertahankan pelanggan dan mendorong pembeli yang sudah ada untuk kembali membeli produk Anda.

Iklan Facebook juga cenderung memiliki proses yang sangat cepat dengan hasil yang langsung. Anda dapat menjangkau ribuan orang setiap hari, membangun merek toko online Anda, dan mendorong orang untuk membeli.

Menariknya, beriklan dengan Facebook Ads cenderung lebih murah dibandingkan media promosi lainnya, seperti iklan, radio, iklan TV, billboard, dan media tradisional lainnya untuk menjangkau audiens yang sama. Anda juga dapat menghilangkan beberapa kampanye iklan mahal lainnya.

3. Optimalkan Penjualan dengan Kata Kunci Relevan
Supaya unggahan produk Anda di peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian dan mudah ditemukan oleh pembeli potensial, pastikan untuk menggunakan kata kunci yang tepat. Optimalkan penjualan Anda dengan memasukkan kata kunci dalam judul dan kata kunci yang terkait dengan deskripsi produk.

4. Pilih Kategori yang Tepat
Hindari memasukkan terlalu banyak kategori untuk suatu produk. Misalnya, jika Anda menjual pakaian, jangan menandai label elektronik dalam daftar. Hal ini dapat menyebabkan posting Anda dianggap spam dan bahkan ditandai atau bahkan diblokir oleh Facebook.

Pilih kategori yang benar-benar sesuai dengan produk yang Anda jual. Entri kategori yang ceroboh tidak hanya akan mempersulit pengguna, tetapi juga mempersulit pencarian unggahan Anda untuk target pelanggan yang tepat.

5. Gunakan Foto yang Berkualitas
Di Facebook Marketplace atau platform penjualan lainnya, foto adalah faktor yang sangat penting yang dapat mempengaruhi persepsi pembeli. Sebanyak 93% pelanggan mengatakan bahwa tampilan visual adalah faktor penentu keputusan pembelian mereka. Oleh karena itu, jangan sampai kamu mengunggah foto produk buram, biasa-biasa saja dan kualitas tidak jelas.

Untuk menghasilkan foto yang berkualitas, pastikan Anda memiliki pencahayaan yang baik. Lebih bagus lagi jika pencahayaannya alami. Latar belakang yang bersih seperti hitam atau putih juga akan membantu calon pembeli melihat produk dengan baik. Gunakan tripod untuk menghindari foto buram.

Edit jika perlu, tetapi jangan sampai hasil editan membuat produk berbeda. Jika produk Anda memiliki cacat, pastikan untuk menunjukkannya di foto agar pembeli tidak merasa tertipu. Hindari menggunakan foto yang diunduh dari Internet karena dapat mengurangi kepercayaan calon pembeli.

6. Pertahankan Reputasi yang Baik
Cara Anda melayani pelanggan juga merupakan faktor yang dinilai oleh Facebook. Facebook menawarkan penjual dua lencana/badge yang dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan. Lencana pertama diberikan kepada penjual yang merespons pembeli potensial dengan cepat. Gunakan fitur ini untuk menanggapi pesan pelanggan sesegera mungkin.

Juga cobalah untuk tidak terlalu lama merespons karena kemungkinan mereka akan kehilangan minat dan beralih ke kompetitor lain. Lencana kedua diberikan kepada penjual peringkat teratas di Facebook Marketplace. Jadikan kedua badge ini sebagai tujuan Anda untuk menampilkan reputasi yang baik dan mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli.

7. Berpartisipasi dalam Grup Jual Beli yang Relevan
Ada banyak grup Facebook yang secara aktif terlibat dengan audiens. Oleh karena itu, bergabunglah dengan salah satu grup jual beli yang relevan dengan produk yang Anda jual. Misalnya, jika Anda menjual pakaian bayi, bergabunglah dengan grup ibu hamil atau ibu baru sehingga Anda dapat membantu memenuhi target audiens yang tepat dan memiliki peluang untuk membeli produk Anda.
Jika Anda dapat memanfaatkan fitur yang ada secara optimal, Facebook Marketplace dapat menjadi platform tambahan untuk menjangkau lebih banyak pembeli dan meningkatkan penjualan Anda.
Pages:

Komentar

Note: Laborblog.my.id sangat menghargai pendapat anda. Bijaksana & etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab anda sesuai UU ITE.

Previous Post Next Post

CLOSE X