laborblog.my.id - Cara mengatur printer default  di Windows 11 harus diketahui oleh pengguna printer. Karena mengetahui cara ini bisa memudahkan Anda.
Cara Set Default Printer di Windows 11 | Net
- Cara mengatur printer default di Windows 11 harus diketahui oleh pengguna printer. Karena mengetahui cara ini bisa memudahkan Anda.
Mengatur printer default pada sistem Windows 11 sangat berguna karena Anda perlu menentukan printer mana yang harus melakukan pencetakan atau proses printing. Karena itu ada baiknya untuk menetapkan salah satu printer sebagai printer default saja.

Untuk mengatur printer default di Windows 11 sebenarnya sangat sederhana dan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya melalui menu Setting, Control Panel atau Command Prompt. Nah, di bawah ini adalah ulasan tentang beberapa cara untuk mengatur printer default di Windows 11.

Cara Set Default Printer di Windows 11

1. Mengatur Default Printer Melalui Settings

Buka "Pengaturan/Setting".
Pilih "Bluetooth & Perangkat/Devices" dari panel sebelah kanan.
Pilih dan klik menu "Printers & Scanners" di panel kiri.
Pastikan opsi "Let Windows manage my default printer" dinonaktifkan/kondisi mati.
Tentukan printer mana yang akan menjadi printer default, lalu pilih "Set as default printer" untuk mengonfirmasi printer yang dipilih.

2. Mengatur Default Printer Melalui Control Panel.

Buka "Panel Kontrol/Control Panel".
Buka opsi "Hardware and Sound".
Pilih "Devices and Printers".
Klik kanan pada printer yang dipilih dan "Set as default printer". Akan muncul tanda centang yang menunjukkan bahwa printer tersebut adalah printer default.

3. Mengatur Default Printer Melalui Command Prompt

Tentukan printer mana yang akan dipilih.
Buka "Command Prompt", Masukkan perintah berikut:
    
rundll32 printui.dll,PrintUIEntry /y /q /n "Printer Name/Nama printer"
 
Kembali ke jendela "Devices and Printers" untuk memastikan ada tanda centang pada ikon printer yang dipilih.
Itu adalah cara untuk mengatur printer default di Windows 11 yang dapat dilakukan melalui solusi sederhana. Anda bisa mencoba salah satu yang menurut Anda paling mudah dan tercepat. Semoga berhasil.
Pages:

Komentar

Note: Laborblog.my.id sangat menghargai pendapat anda. Bijaksana & etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab anda sesuai UU ITE.

Previous Post Next Post

CLOSE X