laborblog.my.id - Cacar air (chickenpox) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Penyakit ini ditandai dengan gejala  ruam kemerahan berisi cairan yang  sangat gatal di sekujur tubuh.
Penyakit Cacar Air | Net
- Cacar air (chickenpox) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Penyakit ini ditandai dengan gejala ruam kemerahan berisi cairan yang sangat gatal di sekujur tubuh.
Cacar air dulunya merupakan penyakit yang umum terjadi pada anak-anak. Namun, setelah vaksinasi cacar air sejak tahun 1990-an, kasus cacar air mulai menurun secara bertahap.

Cacar air dapat menyebabkan komplikasi serius pada bayi, wanita hamil, dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti orang yang menderita HIV/AIDS.

Gejala dan Penyebab Cacar Air

Gejala cacar air adalah ruam merah di wajah, dada atau punggung, yang dapat menyebar ke semua bagian tubuh. Cacar air juga ditandai dengan keluhan lain, seperti:

- Demam
- Sakit kepala
- Kelelahan
- Hilang nafsu makan

Cacar air dalam istilah medis dikenal dengan varicella. Penyebabnya adalah virus yang mudah menular melalui percikan air liur atau kontak langsung dengan cairan dari ruam.

Penyakit ini lebih mungkin menyerang anak-anak di bawah usia 12 tahun. Beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko cacar air adalah mereka yang belum pernah menderita cacar air sebelumnya dan yang belum menerima vaksin cacar air.

Pengobatan dan Pencegahan Cacar Air

Pengobatan cacar air ditujukan untuk mengurangi keparahan gejala, dengan atau tanpa bantuan obat-obatan. Beberapa upaya dapat dilakukan untuk meredakan gejala, antara lain mengenakan pakaian longgar dan kain lembut serta tidak menggaruk ruam atau luka cacar air. .
Pencegahan cacar air adalah dengan mendapatkan vaksin cacar air atau vaksin varicella. Di Indonesia sendiri vaksin cacar air belum termasuk dalam daftar vaksinasi rutin, namun tetap dianjurkan untuk diberikan.[Refrensi: alodokter]
Pages:

Komentar

Note: Laborblog.my.id sangat menghargai pendapat anda. Bijaksana & etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab anda sesuai UU ITE.

Previous Post Next Post

CLOSE X