laborblog.my.id - Valentine day atau disebut juga hari kasih sayang diperingati setiap tanggal 14 februari. Valentine bukan nama perayaan yang asing di Indonesia, kebanyakan orang merayakan hari tersebut walaupun berasal dari agama dan budaya apapun.
Say No to Valentine's Day! | Net
- Valentine day atau disebut juga hari kasih sayang diperingati setiap tanggal 14 februari. Valentine bukan nama perayaan yang asing di Indonesia, kebanyakan orang merayakan hari tersebut walaupun berasal dari agama dan budaya apapun.
Biasanya di hari valentine, merayakannya dengan kumpul dan menghabiskan waktu bersama orang tercinta. Penting untuk diketahui bahwa ada larangan valentine dalam islam yang belum banyak orang tahu.

Bertukar kado ataupun mengirim kartu ucapan yang bertuliskan ungkapan kasih sayang, tak hanya itu valentine identik dengan coklat.

Namun tentunya umat muslim tahu bahwa sebenarnya hari valentine bukanlah hari islam dan tidak patut untuk merayakannya dimana jika seseorang mengikuti kebiasaan suatu kaum maka ia termasuk dalam kaum tersebut.

Dalil Mengenai Larangan Merayakan Hari yang Bukan Perayaan Islam

Dilansir dari Umroh.com merangkum, Rasulullah ï·º telah melarang untuk mengikuti tata cara peribadatan selain Islam termasuk alasan valentine dilarang dalam islam, terdapat sebuah dalil yang memiliki arti : ” Barangsiapa meniru suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tersebut ” (HR. At-Tirmidzi).

Ibnu Qayyim al-Jauziyah mengatakan, ”Mengucapkan selamat untuk acara ritual khusus orang kafir, sudah disepakati bahwa sikap tersebut haram”.

Syaikh Muhammad al-Utsaimin saat mendapatkan pertanyaan tentang Valentine’s Day mengatakan sesuai etika berbicara dalam islam, ”Merayakan Hari Valentine itu tidak boleh”, karena sebab berikut : Pertama, valentine day adalah hari raya bid’ah tak ada dasar hukumnya dalam syari’at Islam.
Kedua, valentine day bisa menyebabkan hati sibuk dengan perkara-perkara rendahan seperti ini yang sangat bertentangan dengan petunjuk para salaf shalih (pendahulu sobat).

Kenapa Valentine Day Dilarang?

Pages:

Komentar

Note: Laborblog.my.id sangat menghargai pendapat anda. Bijaksana & etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab anda sesuai UU ITE.

Previous Post Next Post

CLOSE X