laborblog.my.id - Setiap muslim diwajibkan untuk selalu bertaubat setiap saat dan dalam segala situasi agar terhindar dari dosa. Rasulullah ﷺ yang sudah pasti terjaga dari dosa juga selalu bertobat.
Kaligrafi Nabi Muhammad ﷺ
Setiap muslim diwajibkan untuk selalu bertaubat setiap saat dan dalam segala situasi agar terhindar dari dosa. Rasulullah ﷺ yang sudah pasti terjaga dari dosa juga selalu bertobat.

Bahkan Rasulullah ﷺ pun bertaubat dalam sehari semalam dan memohon ampunan tidak kurang dari tujuh puluh kali.
وَعَنْ أبِي هُرَيرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: (وَاللهِ إَنِّي لَأَسْتَغْفِرُ اللهَ وَأَتُوبُ إِليهِ فِي اليَومِ أَكثَرَ مِنْ سَبعِينَ مَرَّةً) رَوَاهُ البُخَارِيُّ.
Artinya: Dari Abu Hurairoh Ra. beliau berkata, “Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, ‘Demi Allah, sesungguhnya aku pasti memohon ampun kepada Allah dan bertobat kepada-Nya dalam sehari lebih dari tujuh puluh kali.’” (HR. Al-Bukhori)

Rasulullah ﷺ adalah orang yang suci dan mulia dan yang imannya dijaga, dapat bertaubat 70 kali sehari, apalagi kita adalah orang biasa yang banyak berbuat dosa, tentu kita harus lebih banyak bertaubat.

Dilansir dari situs web Pesantren Lirboyo, orang baik bukan hanya orang yang tidak pernah melakukan kesalahan.

Orang baik juga adalah orang yang pernah melakukan kesalahan, tetapi ingin sadar atas kesalahannya, selalu ingin memperbaiki diri, bertobat dan bertekad untuk tidak mengulangi kesalahannya.

Hadits yang menyatakan bahwa manusia adalah tempatnya salah dan lalai, bukanlah sebagai pembenaran untuk selalu hidup dalam kesalahan, namun Nabi ingin menyampaikan bahwa manusia tidak lepas dari kemungkinan berbuat kesalahan dan lalai. Jadi kita harus selalu berusaha untuk menjadi manusia yang baik dan berusaha menghindari kesalahan demi kesalahan bahkan mengulanginya.

Allah SWT berfirman,
وَاسْتَغْفِرِ اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ كَانَ غَفُورًا رَحِيمًا
Artinya: Dan mohonlah ampun kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Qs. An-Nisa: 106)

Dalam ayat lain Allah SWT berfirman,
إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ
Artinya: Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertobat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri. (QS Al-Baqoroh: 222).[source]
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Pages:

Komentar

Note: Laborblog.my.id sangat menghargai pendapat anda. Bijaksana & etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab anda sesuai UU ITE.

Previous Post Next Post

CLOSE X