laborblog.my.id - Kecelakaan maut terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat (21/1). Kecelakaan tersebut menyebabkan 21 orang meninggal dunia di tempat kejadian.
Kecelakaan Maut Rem Mobil Blong
- Kecelakaan maut terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat (21/1). Kecelakaan tersebut menyebabkan 21 orang meninggal dunia di tempat kejadian.

Pengamat Transportasi Budiyanto mengatakan, kecelakaan pada umumnya dapat terjadi karena faktor manusia, kendaraan, jalan, maupun lungkungan. Faktor human eror menjadi salah satu penyebab yang paling dominan.

“(Tetapi) Kejadian yang terjadi di Balik Papan (dalam vidio) dugaan saya pengendara mobil truck mengalami gangguan tehnis pada fungsi pengereman pada kendaraannya sehingga sulit mengendalikan kendaraan,” jelas Budiyanto, Jumat (21/1).

Akibatnya, mobil oleng dari lajur kiri pindah ke lajur kanan kanan yang akhirnya menabrak kendaraan yang ada di depannya, kurang lebih lima mobil pribadi dan beberapa sepeda motor.

Kendaraan yang pertama dan seterusnya yang berbenturan (tertabrak truck) otomotis terdorong dan menabrak mobil didepannya sehingga mengalami kecelakaan beruntun.

“Dugaan saya pertama ada gangguan tehnis pada fungsi pengereman atau ada faktor lain menunggu hasil oleh TKP,” kata dia.

Terkait faktor lain ini, tambah dia, harus didalami lagi apakah supir kurang konsentrasi karena lelah, sakit, pengaruh alkohol. Kemudian faktor kerusakan tehnis pada kendaraan juga harus didalami lagi

“Yang jelas bahwa setiap kejadian kecelakaan lalu lintas diawali dari pekanggaran,” tegasnya.[Republika]
Published: 21/01/2022
Pages:

Komentar

Note: Laborblog.my.id sangat menghargai pendapat anda. Bijaksana & etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab anda sesuai UU ITE.

Previous Post Next Post

CLOSE X