laborblog.my.id - Menjelang akhir tahun biasanya hujan lebih sering turun, pengendara harus sangat waspada menghadapinya, mulai dari mempersiapkan kendaraan
Menjelang akhir tahun biasanya hujan lebih sering turun, pengendara harus sangat waspada menghadapinya, mulai dari mempersiapkan kendaraan hingga berkendara, berikut beberapa informasi yang perlu diketahui saat berkendara di saat hujan.

Selalu Periksa Kendaraan Sebelum Pergi

Hujan atau tidak, penting untuk memeriksa kendaraan sebelum berangkat, untuk memastikan tekanan udara di ban normal, lampu menyala, dan wiper serta sprinkler siap digunakan.

Kurangi Kecepatan

Saat kondisi jalan basah, traksi ban dengan permukaan jalan secara signifikan lebih rendah daripada saat kering, terlebih lagi perlu diperhatikan bahwa hal ini mempengaruhi jarak pengereman optimal yang dapat berlipat ganda seiring bertambahnya jarak.

Jaga Jarak

Solusi selain mengurangi kecepatan untuk meringankan masalah teknis traksi dan pengereman saat hujan adalah dengan menjaga jarak dengan kendaraan lain, cipratan air dari ban kendaraan di depan bisa sampai ke kaca depan, jaga jarak menawarkan visibilitas yang lebih baik.

Jika percikan air dari kendaraan di depan terlalu kuat, Anda dapat mempertimbangkan untuk berhenti untuk beristirahat dan menunggu cuaca membaik.

Hindari Gerakan Tiba-tiba

Saat hujan permukaan jalan cenderung licin, perlu dipahami bahwa saat hujan ada kemungkinan cairan mesin yang menetes di jalan akan naik dan membuat permukaan licin.

Pengemudi harus tenang saat mengemudi dan disarankan untuk tidak terburu-buru memberikan instruksi kepada kendaraan, gerakan kemudi yang tiba-tiba dapat menyebabkan Anda kehilangan kendali atas kendaraan.

Pahami Aquaplaning

Istilah ini mengacu pada situasi di mana ban terangkat dari permukaan jalan saat melewati genangan air, ketika ini terjadi, kendaraan dapat kehilangan cengkeraman dan menjadi sulit dikendalikan.

Penyebab paling umum dari aquaplaning adalah kecepatan kendaraan yang berlebihan di genangan air. Saat terjadi, pengemudi disarankan untuk segera mengurangi gas, memegang setir dengan kuat dan mulai mengerem secara perlahan.

2 Comments

Note: Laborblog.my.id sangat menghargai pendapat anda. Bijaksana & etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab anda sesuai UU ITE.

Post a Comment

Note: Laborblog.my.id sangat menghargai pendapat anda. Bijaksana & etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab anda sesuai UU ITE.

Previous Post Next Post