laborblog.my.id - Tak bisa dipungkiri bahwa broken link di blog dapat diakui cukup sulit diatasi. Penyebabnya bisa bermacam-macam, salah satunya keteledoran admin blog yang salah menempatkan atau menuliskan link pada artikel lainnya, telah menghapus link terkait.
Ilustrasi | source image: Istimewa
Tak bisa dipungkiri bahwa broken link di blog dapat diakui cukup sulit diatasi. Penyebabnya bisa bermacam-macam, salah satunya keteledoran admin blog yang salah menempatkan atau menuliskan link pada artikel lainnya, telah menghapus link terkait.Atau bisa juga mungkin dikarenakan perayapan mesin pencari yang keliru menerjemahkan URL artikel di blog.

Nah, URL yang error atau yang biasa disebut "broken link" ini sangat bisa dioptimalkan dengan cara khusus. Yaitu dengan mengalihkannya ke homepage blog atau ke halaman khusus. Contohnya ke halaman sitemap blog, atau halaman tertentu sebagai pemberitahuan terkait link yang error itu (semacam halaman error 404 tapi bikinnya di static page).

Untuk redirect atau mengalihkan halaman error 404 di blogger, silahkan masuk ke menu Tema > Edit HTML. Lalu cari kode </body> lalu letakkan kode berikut ini diatas kode tadi:

Kode:
<b:if cond='data:view.isError'>
<script>
window.location.href = &quot;<data:blog.homepageUrl/>&quot;;
</script>
</b:if>

Kemudian Simpan Tema.
Jika ingin redirect atau mengalihkan error page 404 ke halaman atau tautan lain, silahkan lakukan dengan cara yang sama dan kode yang berbeda:

Kode:
<b:if cond='data:view.isError'>
<script>
window.location.href = &quot;[link_halaman_disini]&quot;;
</script>
Contoh:
<b:if cond='data:view.isError'>
<script>
window.location.href = &quot;https://domainanda.com/error-404.html/&quot;;
</script>
</b:if>
Atau Seperti ini:
<b:if cond='data:view.isError'>
<script>
window.location.href = &quot;https://namablog.blogspot.com/p/sitemap.html/&quot;;
</script>
</b:if>

Setelah itu, simpan tema. Klik untuk lihat hasilnya.[source]
Pages:

Komentar

Note: Laborblog.my.id sangat menghargai pendapat anda. Bijaksana & etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab anda sesuai UU ITE.

Previous Post Next Post

CLOSE X