laborblog.my.id - Objek form textarea digunakan untuk membuat teks input yang dapat berisi lebih dari satu baris input. Tag textarea mirip dengan tag teks jenis input, tetapi memiliki keuntungan berisi banyak baris. Biasanya, tag textarea digunakan untuk entri yang panjang, seperti komentar, deskripsi, atau catatan.
Ilustrasi
Objek form textarea digunakan untuk membuat teks input yang dapat berisi lebih dari satu baris input. Tag textarea mirip dengan tag teks jenis input, tetapi memiliki keuntungan berisi banyak baris. Biasanya, tag textarea digunakan untuk entri yang panjang, seperti komentar, deskripsi, atau catatan.

Untuk menggunakan Textarea, kita hanya mengambil label Textarea sebagai berikut:
<textarea></textarea>
Hasil
Teks dapat disisipkan di antara tag pembuka dan penutup yang akan ditampilkan sebagai bidang awal text area sebagai berikut:
<textarea>Contoh</textarea>
Hasil
Meskipun tidak diperlukan, tetapi jika text area digunakan dalam formulir, atribut name bertindak sebagai identitas tag textarea. Identitas ini diperlukan selama pemrosesan sisi server (misalnya menggunakan PHP). Atribut name ini akan menjadi variabel untuk menyimpan nilai yang dipilih oleh pengguna. Atribut name ditempatkan di dalam tag textarea:
<textarea name="contoh">contoh</textarea>
Hasil
Untuk membatasi tampilan lebar kolom (cols) dan tinggi baris (rows) dari zona teks. Nilai yang dimasukkan adalah jumlah karakter yang menjadi lebar kotak teks. Misalkan kita mengatur atribut cols = "40", maka kotak teks akan memiliki lebar karakter 40. Namun, lebar ini tidak akan tepat 40 karakter, karena akan tergantung pada font serta jenis karakter yang diinput.

Contoh penggunaan atribut cols dan rows:
<textarea cols="40">Contoh</textarea>
<textarea cols="40" rows="10">Contoh</textarea>
Hasil
Atribut disabled dan readonly digunakan untuk membuat kotak teks tidak dapat digunakan. Penggunaan atribut ini biasanya dipadukan dengan javascript agar bekerja secara maksimal. Misalnya, kotak teks hanya dapat diisi jika pengguna telah mengisi bidang lain. Kedua atribut ini hanya memiliki 1 nilai yaitu dirinya sendiri yang ditulis dengan disabled = "disabled" dan readonly = "readonly". Berikut adalah contoh penulisannya:
<textarea readonly="readonly">Contoh</textarea>
<textarea disabled="disabled">Contoh</textarea>
Hasil
Meskipun dua kotak teks yang memiliki atribut ini tidak dapat digunakan, keduanya akan terlihat berbeda. Atribut yang dinonaktifkan akan membuat kotak teks menjadi abu-abu, sedangkan atribut read-only akan terlihat seperti kotak teks biasa. Oleh karena itu, atribut nonaktif biasanya sering digunakan karena akan memberikan kesan kepada pengguna bahwa kotak teks tidak dapat digunakan.
Selain atribut name, value, column, rows, disabled dan read-only, kita juga dapat menggunakan atribut umum seperti id dan class dalam tag textarea. Id dan tag class akan diperlukan untuk pemrograman HTML menggunakan JavaScript dan CSS. Terkadang kotak teks diperlukan untuk memasukkan formulir yang membutuhkan kalimat panjang seperti komentar.
Pages:

Komentar

Note: Laborblog.my.id sangat menghargai pendapat anda. Bijaksana & etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab anda sesuai UU ITE.

Previous Post Next Post

CLOSE X